Manfaat dan Penggunaan Inventa
Sekolah dan Rumah Sakit
Instansi pendidikan dan Rumah Sakit merupakan salah satu instansi yang tergolong sangat padat dengan mobilitas pekerja yang tinggi karena segala sesuatunya harus dilakukan dengan koordinasi antar pegawai dan atasan melalui sistem struktur kepegawaian yang jelas. Pengadaan pengelolaan inventarisasi aset pada kedua instansi tersebut umumnya sudah masuk dalam rencana dan anggaran instansi yang jelas, namun pada pelaksanannya masih ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanannya.
Kesadaran pencatatan aset dan inventaris barang dalam kedua ranah tersebut umumnya sudah tinggi namun permasalahan adalah belum mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disusun untuk menjaga aset tersebut supaya mudah dalam pengecekan dan pemeliharaan. Hal tersebut dapat memunculkan permasalahan baru seperti kurangnya pengawasan akan aset yang digunakan, penyusunan laporan yang tidak sesuai dengan keadaan aset di lapangan, hingga hilangnya aset atau tidak diketahui keberadaannya.
Penggunaan aplikasi manajemen aset untuk sekolah memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
1. Mengoptimalkan pengelolaan aset
Dengan menggunakan aplikasi manajemen aset, sekolah dapat mengelola asetnya secara efektif dan efisien. Aplikasi ini memungkinkan sekolah untuk melacak dan memantau penggunaan aset seperti peralatan komputer, peralatan laboratorium, buku-buku, dan lain-lain. Dengan pengelolaan aset yang baik, sekolah dapat menghindari pemborosan sumber daya dan meminimalkan kerusakan pada aset. Aplikasi ini memungkinkan rumah sakit untuk melacak dan memantau penggunaan aset seperti peralatan medis, obat-obatan, alat kesehatan, dan lain-lain. Dengan pengelolaan aset yang baik, rumah sakit dapat menghindari pemborosan sumber daya dan meminimalkan kerusakan pada aset.
2. Menjaga keamanan aset
Aplikasi manajemen aset juga membantu dalam menjaga keamanan aset. Aplikasi ini memungkinkan sekolah dan rumah sakit untuk mengelola dan memonitor perawatan aset seperti peralatan keamanan, pemadam kebakaran, dan lain-lain. Dengan demikian, sekolah dapat mengurangi risiko kecelakaan dan kehilangan aset.
3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
Dengan pengelolaan aset yang baik, sekolah dan klinik kesehatan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya. Aplikasi manajemen aset memungkinkan institusi untuk mengoptimalkan penggunaan aset dan meminimalkan waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengelola aset. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
4. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas
Dengan menggunakan aplikasi manajemen aset, institusi dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan asetnya. Aplikasi ini memungkinkan institusi untuk melacak dan memantau penggunaan aset dan membuat laporan yang dapat digunakan untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan aset.
5. Mengoptimalkan anggaran
Dengan pengelolaan aset yang baik, institusi dapat mengoptimalkan penggunaan anggarannya. Aplikasi manajemen aset memungkinkan institusi untuk mengoptimalkan penggunaan aset dan mengurangi biaya perawatan dan penggantian aset yang rusak atau tidak terpakai.
Dengan demikian, penggunaan aplikasi manajemen aset dapat membantu sekolah, klinik, maupun rumah sakit untuk mengelola asetnya dengan lebih efektif dan efisien, meningkatkan produktivitas dan efisiensi staf, mengoptimalkan penggunaan anggaran, dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Inventa.id hadir untuk membantu mengoptimalkan pencatatan aset atau inventarisasi yang cocok digunakan oleh instansi apapun termasuk sekolah dan rumah sakit besar sekalipun. Dengan berbagai fitur yang fungsional dan klasifikasi aset sehingga dapat meminimalisir ketidakakuratan aset yang ada dan yang tercatat. Dengan menggunakna fitur yang relevan maka dapat membantu perusahaan dalam meminimalisir kehilangan aset.
Beberapa fitur inventa.id seperti klasifikasi item aset, jumlah aset, riwayat penggunaan dan lokasinya, hingga total harta atau aset yang dapat membantu instansi Anda dalam memilah aset sesuai dengan kegunaan sehingga dapat meminimalisir adanya aset yang tidak tercatat, mengurangi adanya double job controlling pada beberapa karyawan sehingga jelas atas jobdesk pertanggungjawaban penggunaan aset, serta membantu perusahaan dalam melacak jumlah aset.
Selain itu, Inventa.id dilengkapi dengan fitur cetak barcode per item aset, dengan adanya fitur unggulan barcode ini maka dapat membantu mengatasi masalah penyalahgunaan aset karena fitur barcode ini berisi detail informasi dan kegunaan aset sehingga dapat menghindari adanya disfungsi aset serta dapat digunakan sebagai alat kontroling dalam masa guna aset dalam kedua instansi ini.
Tentunya dengan pengelolaan aset yang baik dan benar maka akan memberikan dampak positif dalam menunjang kemajuan perusahaan sehingga meminimalisir adanya pembengkakan dana pengadaan aset. Menyadari hal tersebut inventa.id memberikan berbagai macam tawaran fitur menarik mudah diakses dimanapun dan kapanpun yang dapat membantu mengelola aset perusahaan Anda.
Dengan adanya permasalahan tersebut, kami dapat membantu memberikan kendali dan kontrol melalui pencatatan inventaris kantor yang rapi sehingga memudahkan dalam pengendalian aset yang sudah ada.